Ubah Tampilan Menu Symbian s60v2

Smart Launcher v.1.7 + Skins : Ubah Tampilan Menu Symbian s60v2


iseng's.jpgUntuk request dari seorang teman, meskipun aplikasi ini termasuk lama dan sudah lama juga saya koleksi, tapi sangat berguna bagi sobat yang ingin mengubah tampilan menu di ponsel Symbian s60v2 (seperti Nokia 6600, 7610, dll), menjadi seperti Symbian UI ataupun s60v3. Dengan Smart Launcher, menu grid s60v2 yang asalnya 3x3, bisa jadi 3x4. Dan background menu pun bisa berubah seperti halnya kita mengubah tema.

slskin91.jpg

slskinxfiles.jpg
Cara pengoperasiannya pun mudah. Setelah aplikasi terinstall (usahakan install di memory external E:\), buka Smart Launcher, maka tampilan Menu s60v2 sobat akan langsung berubah jadi 3x4, dan background Menu serta ikon-ikon aplikasi pun berganti sesuai dengan skin yang dipakai oleh Smart Launcher (secara default memakai skin Windows XP). Untuk mengubah skin, tekan PILIHAN >> SETTINGS >> SKIN.
slauncer1.jpg


Nah, tinggal pilih skin mana yang akan sobat pakai. Di bawah sudah saya sertakan banyak skin Smart Launcher, tinggal download, lalu extract dan taruh di folder E:\System\Data\LNskins\(taruh disini). Jika tidak ada folder LNskins, maka silahkan bikin sendiri folderx.

Untuk mengaktifkan atau me-non aktifkan Smart Launcher, pilih SETTINGS >> LAUNCHER >> ON/OFF. Saat Launcher di aktifkan (ON) maka tombol MENU yang ada diponsel sobat akan menjadi tombol pintas (shortcut) untuk mengakses tampilan ala Smart Launcher, jadi makin mirip layaknya s60v3.

Selain itu juga saya sertakan aplikasi Smart Launcher Skin Editor yang fungsinya untuk membuat atau mengedit skin Smart Launcher. Dengan aplikasi ini kita bisa membuat sendiri ikon-ikon aplikasi untuk ponsel kita.

Caranya :

1. Buka aplikasi Skin Editor.

2. Jika ingin mengedit skin yang sudah ada, silahkan sorot skin-nya dan pilihOPTIONS >> EDIT SKIN. Tapi jika ingin membuat skin baru, pilih NEW SKIN.

3. Pilih di folder mana skin akan disimpan dan beri nama skin-nya.

4. Selanjutnya tekan tombol NAVIGASI/ARAH KANAN, muncul komposisi untuk tampilan utama Smart Launcher termasuk background-nya. Silahkan di isi sesuai selera.

5. Geser ke kanan lagi untuk mengatur tampilan Task Manager (daftar aplikasi aktif yang muncul saat kita menekan tombol MENU beberapa saat).

6. Geser lagi ke kanan untuk mengatur ikon-ikon aplikasi. Setelah muncul daftar aplikasinya, pilih yang ingin ikon-nya diubah. Di sini ada 2 gambar yang harus disiapkan untuk 1 ikon, yaitu gambar untuk ikon dan gambar untuk mask-nya. Fungsi MASK adalah untuk memberi efek transparan pada gambar ikon, agar tidak muncul dalam bentuk kotak-kotak, jadi gambar mask sendiri harus sesuai mengikuti bentuk gambar aslinya. Ruwet kan ? Harus sabar dan telaten mrgreen mrgreen mrgreen mrgreen
sledit1.jpg

sledit2.jpg


7. Jika sudah selesai semua, tinggal simpan skin hasil buatan sobat dan taruh di folder LNskins tadi. Lihat deh hasilnya, sesuai dengan harapan atau ga. mrgreen

Kalau tidak mau ribet, ya pakai saja skins yang sudah jadi hehehe. Nah silahkan di lanjut sendiri ya sob, yang mau sedot juga silahkan disedot sambil komat-kamit biar slamet mrgreen



Test : Nokia 6600&7610, s60v2

0 komentar:

Posting Komentar